Minggu, 13 Maret 2016

Elementary OS

Linux dengan Ratusan distronya memberikan banyak pilihan sistem operasi yang bebas digunakan. Saat ini, situs distrowatch mencatat setidaknya sebanyak 275 distro dapat di download dan digunakansecara bebas. Dari sekian distro, elementary OS merupakan salah satu distro yang menarik dan layak untuk dicoba.

elementary OS merupakan sebuah Distro Linux berbasiskan Ubuntu . Distro ini menggunakan desktop manager-nya sendiri yang bernama Pantheon dan terintegrasi dengan aplikasi bawaan elementary OS lainnya, seperti Plank (sebuah dock-bar berbasiskan Docky), peramban web Midori, dan Scratch (Teks editor yang sederhana). Distro ini menggunakan Gala sebagai Windows Manager-nya, yang berbasiskan pada Mutter Windows Manager.

Distro ini pada awalnya bermula dari sepaket tema dan aplikasi-aplikasi yang ditujukan untuk Ubuntu , namun kemudian berubah fungsi menjadi sebuah Distro Linux tersendiri. Sebagai turunan dari Ubuntu, distro ini kompatibel dengan repositori dan paket-paket milik Ubuntu. Distro ini juga menggunakan software center milik Ubuntu untuk menangani pemasangan dan pencopotan perangkat lunak, meskipun software center elementary sendiri sedang dalam pengerjaan. Tampilan antar mukanya dibuat agar terlihat intuitif bagi pengguna-pengguna baru tanpa menggunakan banyak sumber daya dan dengan desain yang serupa dengan sistem operasi OS X dari Apple.

Instalasi


Elementary OS tersedia dengan bebas biaya, namun demikian anda bisa memberikan donasi untuk tim pengembang. Anda dapat mengunduh iso Elementari OS melalui website resminya. Setelah itu anda dapat membuat Live CD?USB yang mengizinkan anda untuk dapat mencoba tanpa perlu melakukan instalasi pada hard disk. Installer-nya adalah Ubiquilty yang merupakan Installer standar untuk Ubuntu dan kebanyakan Sistem Operasi turunannya.

ScreenShot

gambar tumblr
gambar tumblr gambar tumblr

Tidak ada komentar:

Posting Komentar